4 Cara meditasi secara Islam dalam Dzikir dan Doa

Cara Meditasi

Cara meditasi – Meditasi tidak hanya dikenal dalam ajaran agama Budha saja, namun di dalam ajaran agama Islam juga dikenal aktivitas meditasi. Namun, meditasi dalam ajaran Islam lebih mengarah pada aktivitas dzikir dan doa dengan menggerakkan hati dan pikiran. Seperti meditasi lainnya, meditasi ini dilakukan dengan duduk bersila di lantai atau di tempat tertentu. Dengan bermeditasi maka energi ilahi (Bioenergi) yang ada di alam sekitar dapat terserap secara maksimal di dalam diri Anda. Sehingga Anda pun akan selalu diliputi oleh energi positif yang akan membantu Anda dalam menghadapi berbagai masalah hidup. Cara Meditasi dalam islam bisa diistilahkan dengan bertafakur, dimana kita merenungkan dosa dan kesalahan, koreksi diri kemudian mendekat kepada Allah dan memohon ampunan.

Cara meditasi dengan dzikir dan doa ini harus dilakukan dengan tepat agar tujuan ketenangan hati dan pikiran bisa tercapai. Tidak sedikit orang yang gagal melakukan meditasi ini karena ketidakmampuan mereka menyatukan hati dan pikiran ketika berzikir atau berdoa. Dan, bagi Anda yang ingin sukses melakukan meditasi ini maka sebaiknya Anda mengetahui beberapa cara meditasi dzikir dan doa secara Islami.

Baca juga: Meraih Cahaya Ilahi Dengan Bioenergi

Berikut ini beberapa cara meditasi secara Islami yang perlu Anda lakukan. Dengan menerapkan pola meditasi di bawah ini, niscaya meditasi Anda dapat membuahkan hasil ketenangan dan kebahagiaan dalam hidup Anda. Semoga bermanfaat.

Cara meditasi dalam Dzikir dan Doa

1. Cara meditasi : Atur posisi Anda yang nyaman

  • Sebelum memulai meditasi, sebaiknya Anda mengatur posisi Anda senyaman mungkin. Ada baiknya dzikir dan doa Anda di dahului dengan sholat shunah bisa 2 atau 4 rokaat. Duduklah dengan posisi nyaman, bisa dengan bersila di lantai atau duduk di tempat sholat.

2. Cara meditasi : Lakukan pernafasan panjang agar otak cukup oksigen sehingga dzikir dan doa terfokus.

  • Mulailah dengan menarik nafas secara perlahan hingga udara terasa memenuhi paru-paru Anda. Saat Anda menarik nafas, sebaiknya Anda membaca kalimat tahlil, tasbih, istighfar, tahmid, asmaulhusna atau sholawat.

Baca juga: Bioenergi Merupakan Teknologi Spiritual

3. Cara meditasi : Lakukan olah pernafasan, dimulai dengan menahan nafas Anda

  • Lalu tahan nafas selama yang dapat Anda lakukan. Ketika menahan nafas, sebaiknya Anda membaca kalimat dzikir atau doa umum yang telah diajarkan oleh Rasulullah, doa dari Rasulullah, doa dari Alquran, ataupun doa yang Anda buat sendiri sesuai kehendak dan kondisi.
  • Berikut ini beberapa kutipan ayat dari Alquran yang dapat Anda baca selama Anda menahan nafas.
  • “Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakal.” (QS. Ali Imran 160)
  • “Sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezeki kepada siapa yang Dia kehendaki dan menyempitkannya; sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.” (QS. Al Israak 30)
  • “Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertobat kepada-Nya. (Jika kamu, mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberi kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.” (QS. Huud 3)
  • “Dan katakanlah: “Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong.” (QS. Al Israak 80)

Baca juga: 7 Cara Menyerap Energi Alam Semesta

4. Cara meditasi : Lakukan olah pernafasan, kemudian hembuskannafas Anda

  • Hembuskan nafas Anda secara perlahan hingga udara di dalam paru-paru kosong. Ketika menghembuskan nafas, sebaiknya membaca beberpa kalimat berikut ini.
  • “ Laa ilaaha illallahu wahdahu laasyariikalah lahuu mulku walahulhamdu , yuhyii wayumiitu wahuwa ala kulli syai’inkodir.”

Arti: “Tidak ada Tuhan selain Allah yang Esa , tiada sekutu bagiNya, bagiNya kerajaan dan bagiNya pujian, Dia yang menghidupkan dan mematikan, dan Dia maha kuasa atas segala sesuatu”

  • “Laa haula wala kuwwata illa billahil aliyyil adziim.”

Arti: “Tiada daya dan kekuatanku melainkan dengan pertolongan Allah .“

  • “Taqobbal minna du’a aana ya arhamar rohiimin, kay nusabbihaka katsiro wanadzkuroka katsiro innaka kunta bina bashiro.”

Arti: “Perkenankan do’a kami wahai yang maha pengasih dan penyayang, agar kami tasbih dengan sebanyak banyaknya padaMu, dan agar kami ingat padaMu dengan sebanyak banyaknya, sesungguhnya Engkau maha melihat keadaan kami.”

Baca juga: 6 Cara Menyerap Energi Positif Untuk Solusi Masalah Kehidupan

Demikian beberapa cara meditasi secara Islami yang perlu Anda lakukan. Anda bisa meningkatkan kemampuan meditasi Anda dengan terus berlatih dan di bawah bimbingan seseorang yang profesional untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain berlatih, Anda juga dapat memaksimalkan meditasi Anda tersebut dengan mengonsumsi Kapsul Bioenergi dari Bioenergi Center. Kapsul ini bermanfaat untuk meningkatkan energi positif (Bioenergi) di dalam diri Anda. Sehingga Anda dapat bermeditasi dengan penuh konsentrasi yang akan membuat antara hati dan pikiran bisa menyatu. Dengan begitu, hati dan pikiran Anda akan merasa lebih tenang dan hidup Anda pun akan menjadi lebih bahagia dan damai.

Baca juga: Menggapai Ketenangan Jiwa Di Jalan Kebenaran

 

BAGIKAN: