Cara Mengatasi Masalah Hutang Dalam Kondisi Sulit

Cara Mengatasi Masalah Hutang

Cara Mengatasi Masalah Hutang – Kemudahan dalam berhutang saat ini membuat banyak orang yang ingin memiliki sesuatu bisa dengan mudah terwujud meski keuangan terbatas. Hal ini juga didukung kemudahan fasilitas kredit (hutang). Baik yang di selenggarakan oleh Bank, leasing, dealer, atau lembaga kredit lainnya baik secara ofline ataupun online. Persyaratannya pun tidak berat, hanya perlu identitas diri dan sebuah bukti ada sumber penghasilan, atau usaha yang sedang dijalankan, kredit akan cepat sekali cair. Kemudahan kredit inilah yang kemudian memicu banyak orang menjadi sangat mudah untuk berhutang. Bahkan banyak kasus mereka yang memiliki hutang dengan nominal besar yang tak sebanding dengan penghasilan dan aset yang dimilikinya.

Jika sudah sampai kondisi seperti itu, pastilah akan muncul masalah demi masalah yang bersumber dari kesulitan membayar hutang. Hutang menumpuk, kesanggupan membayar menurun, dan akhirnya hutang menjadi petaka dalam hidup orang tersebut. Hidup tidak tenang, selalu cemas, resah gelisah, ibadah tidak Khusuk, stres, mudah sakit, dan bisa jadi kebahagiaan orang-orang disekitarnya ikut terenggut. Kondisi bisa semakin kritis ketika aktifitas terganggu atau sumber penghasilan terganggu.

Dan ini bisa menjadi rantai masalah yang sulit dipecahkan tanpa adanya kekuatan hati dan pikiran. Yang kemudian bisa membuat yang bersangkutan mampu mengendalikan dirinya. Dalam arti ia tetap bisa bertanggung jawab pada hutang dan mau berusaha mencari cara melunasi hutang agar hutang cepat teratasi. Hutang pada awalnya memberikan banyak kemudahan dan memberi kepuasan karena untuk sesaat kita bisa menikmati sesuatu yang kita inginkan. Namun pada akhirnya hutang memberikan kita tanggung jawab besar dan konsekuensi yang berat, apabila kemampuan kita dalam melunasi hutang jadi menurun. Kehidupan ini ibarat roda berputar, dan ini juga berlaku dalam kehidupan finansial kita. Kadang keuangan bagus ada kalanya juga kita dalam kondisi sulit, dan konsekuensi dari hutang apapun keadaannya hutang harus tetap dilunasi. Cara kita dan kecerdasan kita yang harus kita berdayakan.

Apa tanda-tanda seseorang dalam kondisi kritis hutang?

Hutang dengan jangka waktu tertentu atau yang masa hutangnya tahunan, akan memberikan tekanan tersendiri bagi keuangan pelakunya. Sehingga ketika kondisi keuangan tidak stabil maka biasanya akan mengganggu angsuran atau bahkan pelunasan hutang. Kondisi ini bisa dirasakan oleh siapapun yang memiliki hutang dalam jumlah besar apalagi tidak hanya satu pos hutang. Jika sudah dalam konsisi demikian Anda harus segera mencari cara mengatasi masalah hutang yang efektif. Sebagaimana dalam artikel tulisan dari Finley Susanto yang dilansir dari www.amalan.com, bahwa mereka yang dalam kondisi kritis secara keuangan sehingga kesulitan dalam mengatasi masalah hutang bisa dilihat dengan memperhatikan tanda-tanda sebagai berikut:

1. Total Tagihan per Bulan Lebih dari 40% dari Pendapatan

Cara Mengatasi Masalah Hutang

Langkah paling nyata untuk mulai melihat apakah utang yang Anda miliki saat ini sudah berlebihan adalah dengan mengumpulkan seluruh tagihan. Cobalah untuk mulai mengakumulasikan seluruh jenis utang yang Anda miliki saat ini, mulai dari cicilan seluruh kartu kredit, cicilan KPR, KPA & KKB (jika ada), serta cicilan KTA (jika ada). Jika total cicilan per bulan dari keseluruhan ternyata lebih dari 40% gaji/pendapatan yang Anda dapatkan per bulan, artinya Anda memiliki potensi untuk terjerat dalam masalah utang dalam waktu beberapa bulan ke depan. Sebenarnya hal ini masih bisa diatasi jika Anda masih memiliki penghasilan tambahan, misalnya melalui pekerjaan sampingan.

2. Mulai Menumpuk Pembayaran Cicilan karena Merasa Berat

Tanda lain untuk mengetahui apakah utang mulai berlebihan adalah ketika Anda sudah mulai menumpuk pembayaran tagihan bulanan yang dikirimkan dari bank penerbit kartu kredit. Biasanya, salah satu ‘penyakit’ orang yang menghindari masalah adalah dengan mencoba sebisa mungkin untuk tidak peduli dan mengurusnya sama sekali. Padahal sebenarnya Anda sedang menumpuk pembayaran karena tidak lagi mampu membayar akumulasi cicilan yang wajib dibayarkan setiap bulan. Jika Anda menemukan tanda ini, hati-hati ya! Mungkin Anda sudah harus mencari jalan keluar untuk terbebas dari utang yang banyak.

3. Mulai Membayar Minimum Payment

Tanda lain yang bisa dilihat adalah ketika Anda mulai secara rutin membayar tagihan kartu kredit dengan metode minimum payment. Minimum payment kartu kredit merupakan pembayaran yang dilakukan oleh pemilik kartu kredit dengan hanya membayarkan (rata-rata) 10% dari total tunggakan + tagihan yang masih belum lunas di bulan sebelumnya (jika ada). Langkah ini sangat digemari karena ketika memiliki utang yang menumpuk, namun uang yang dimiliki tidak mencukupi, Anda bisa tetap terbebas dari blacklist dengan membayar sedikit.

Nyatanya, pembayaran dengan melakukan minimum payment sebenarnya hanyalah menimbun utang tanpa menyelesaikannya sama sekali. Anda tetap tidak dapat menghindari bunga yang tetap berjalan di balik pembayaran tagihan kartu kredit dengan minimum payment. Selain itu, jika Anda tetap bersikukuh melakukan pembayaran dengan metode tersebut, yang ada hanyalah memperlambat pelunasan utang, sehingga Anda akan semakin lama terbebas dari bayang-bayang tagihan yang berat.

Siapapun yang terjerat hutang dan sudah mengalami tanda-tanda seperti tertulis dalam 3 poin diatas sebaiknya segera mencari solusinya. Bisa dengan mencari sumber pendapatan lain, menjual aset ataupun dengan melakukan konsolidasi dengan pemberi kredit untuk menemukan win-win solutions. Kemudian segera mencari cara mengatasi masalah hutang dan keluar dari kondisi kritis dengan cepat.

Baca juga: Solusi Melunasi Hutang dengan Mudah di Bioenergi Center

Cara Mengatasi Masalah Hutang Dalam Kondisi Sulit  &  Banyak Jumlahnya

Cara Mengatasi Masalah Hutang

Setelah mengetahui tanda-tandanya bahwa Seseorang sedang berada dalam kondisi kritis berkaitan dengan masalah hutang, langkah selanjutnya adalah dengan mencari jalan keluar agar Anda tidak perlu terjerat dalam utang yang banyak dan hutang bisa teratasi dengan baik. Angsuran atau cicilan lancar, sehingga saat bisa lunas sesuai jadwal jatuh tempo hutang.

Seperti dilansir dari amalan.com salah satu cara mengatasi utang yang banyak adalah dengan melakukan refinancing. Refinancing atau biasa juga disebut dengan konsolidasi utang adalah langkah yang diambil untuk mempermudah Anda agar dapat melunasi gabungan beberapa jenis utang menjadi satu utang saja kepada sebuah lembaga pembiayaan selain bank (misalnya multifinance maupun perusahaan peer to peer lending).

Cara mengatasi masalah hutang dengan Refinancing & keuntungannya

1. Tidak perlu lagi repot-repot membayarkan utang secara terpisah kepada beberapa bank sekaligus. Jadi dengan melakukan konsolidasi utang, seluruh proses pembayaran berbagai utang kartu kredit atau KTA hanya dilakukan melalui satu pintu.

2. Meringankan cicilan per bulan: Tujuan utama refinancing biasanya agar dapat membantu pemilik utang agar bisa membayar cicilan sampai lunas, tentu saja hal ini berdampak pada cicilan yang menjadi lebih rendah agar tidak menyulitkan.

3. Dapat dibayarkan dengan tenor cicilan yang telah disepakati: Tentu saja hal ini sudah harus disepakati di awal dengan pihak peminjam, normalnya tenor cicilan bisa berjalan hingga 24 bulan (dua tahun).

Jenis Program Konsolidasi Utang

Ada dua jenis konsolidasi utang, yakni menggunakan agunan dan tidak menggunakan agunan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, dan bisa didapatkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diberikan oleh lembaga pembiayaan bukan bank.

Kini, amalan bekerja sama dengan lembaga multifinance serta perusahaan peer to peer lending terpercaya di Indonesia. Hal ini dilakukan sebagai upaya amalan dalam membantu klien kami dalam menuju hidup baru bebas utang, yang terintegrasi dalam program manajemen utang amalan. Berikut adalah dua jenis program konsolidasi utang yang tersedia di amalan:

Konsolidasi dengan Agunan sebagai cara mengatasi masalah hutang yang efektif

Sesuai dengan namanya, konsolidasi utang dengan jenis ini dilakukan dengan menggunakan agunan. Pada kebanyakan kasus, biasanya jenis aset yang bisa diagunkan berupa properti, khususnya rumah tinggal. Namun Anda juga bisa memberikan mobil sebagai agunan.

Untuk mengikuti program konsolidasi dengan agunan, utang yang masih berjalan bisa dalam keadaan tertunggak maupun lancar. Jadi, meskipun belum tertunggak Anda dapat mengambil langkah ini sebagai langkah preventif agar dapat melunasi utang dengan keringanan sementara masih memiliki dana. Bagi yang sudah tertunggak, akan bisa menjadi sarana guna membantu melakukan proses negosiasi terlebih dahulu sebelum utang dikonsolidasikan. Sehingga, Anda bisa melunasi utang dengan lebih ringan lagi.

Anda bisa mencari tahu lembaga keuangan yang menyediakan program jenis ini. Biasanya lembaga tersebut bekerja sama bersama beberapa lembaga multifinance ternama untuk membantu Anda dalam mendapatkan program konsolidasi utang.

Konsolidasi tanpa Agunan: Card Cutter dan Card Cutter Plus

Tentu saja jenis konsolidasi utang yang ini lebih cocok digunakan oleh Anda yang memang tidak memiliki aset. Namun untuk melakukan konsolidasi tanpa agunan, biasanya diperlukan kerja sama dengan lembaga lain minimal sebagai penjamin yang bisa memastikan setiap peminjam tetap lancar dalam melakukan pembayaran angsuran.
Proses Pengajuan Refinancing

Saat mengajukan program refinancing, tentunya Anda tidak bisa asal-asalan memilih lembaga finansial. Langkah yang salah bisa berujung pada mimpi buruk tambahan, yang akan membuat Anda kesulitan melunasi seluruh sisa tunggakan yang masih berjalan. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengandalkan referensi dari perusahaan yang menyediakan program manajemen utang, karena perusahaan ini biasanya memiliki strategi terbaik yang dapat membantu Anda terbebas dari utang, beserta dengan rekomendasi lembaga finansial terpercaya, yang dapat membantu Anda dalam mendapatkan program refinancing terbaik dan membantu terbebas dari utang.

Untuk mendapatkan program refinancing terbaik yang tentunya disertai dengan program manajemen utang, agar dapat membantu Anda terbebas dari utang, Anda bisa menggunakan jasa profesional dari perusahaan manajemen utang.

Refinancing dimaksudkan agar orang yang terlilit utang, memiliki kemampuan untuk mengendalikan keuangan mereka kembali. Bahkan bisa memerikan kesempatan mereka yang terjerat hutang bisa sedikit bernafas lega, karena memiliki kesempatan lebih, (kelonggaran untuk mengatasi masalah hutang. Dan dengan waktu yang ada diharapkan orang yang berhutang bisa meningkatkan pendapatan dan menekan pengeluaran, serta melakukan proses negosiasi terhadap persyaratan utang bank atau lembaga keuangan yang ada hingga mencapai jumlah pembayaran yang sesuai dengan kemampuan.

Baca juga: Cara Mengatasi Masalah dan Menemukan Solusi dengan Mudah & Cepat

*******

Cara Mengatasi Masalah Hutang melalui cara yang sifatnya teknis tersebut diharapkan bisa membantu siapapun yang terjerat hutang. Apalagi mereka yang memiliki hutang dalam jumlah banyak dan tidak hanya dalam satu pos hutang. Namun apapun alasannnya hutang harus dilunasi. Dan pada intinya Anda tetap harus melakukan aktivitas lebih dengan cara-cara yang lebih jitu. Sehingga Anda bisa memiliki penghasilan lebih besar dan bisa melunasi hutang. Dalam hal ini Anda harus memiliki kekuatan yang hebat. Kekuatan hati dan pikiran, mental dan spiritual sehingga Anda bisa bertahan meski sedang dalam masalah hutang yang sulit.

Solusinya kualitas energi Anda harus ditingkatkan sehingga bisa meningkatkan kreativitas, mudah memunculkan ide yang memiliki nilai jual tinggi, serta mampu membangkitkan seluruh potensi luar biasa yang ada dalam diri Anda. Dengan begitu Anda bisa mengeksplor diri dengan maksimal. Bahkan mampu melihat peluang, menggali dan memberdayakan potensi dan kemampuan diri untuk memperbaiki kehidupan financial Anda. Sehingga Anda dapat melunasi hutang dengan cepat, tepat waktu dan bebas hutang.

Untuk peningkatan kualitas energi dan kualitas diri, Anda bisa mengikuti program pelatihan. Baik pelatihan pengembangan diri, pelatihan bisnis, dan juga pelatihan untuk mendapatkan solusi dari masalah Anda. Untuk itu Anda bisa mengikuti pelatihan Bioenergi di Bioenergi Center. Bisa dengan mengikuti pelatihan Zona Kaya, Pelatihan Gemblengan Ilmu Metafisik (GIM-Bioenergi), atau Ikut program Quantum Bioenergi, M.Ph, Solusi Khusus Bioenergi (SKB) atau pelatihan sejenis di Bioenergi Training & Konsulting Center Yogyakarta.

Baca juga: Cara Melunasi Hutang dengan Pelatihan Quantum

*******

Untuk lebih memantapkan diri dalam mengikuti pelatihan di Bioenergi Center, Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu. Anda bahkan bisa konsultasi langsung dengan Mentor dan Konsultan Solusi  Bp. Syaiful Maghsri. Yang akan mengajarkan Anda Cara Mengatasi Masalah Hutang dan Cara Mengatasi berbagai masalah hidup lainnya dengan memanfaatkan Energi kehidupan (Bioenergi) dalam diri Anda.

Segera Datang dan Konsultasikan Masalah Anda bersama Bapak HM Syaiful M. Maghsri. Untuk memastikan Anda akan bisa langsung konsultasi dengan Bapak Syaiful Maghsri, kami akan jadwalkan dan atur waktunya. Silahkan hubungi kami melalui HP/WA: 0853 2727 1999 (Ibu Eny) 0878 390 387 (ibu Efi) 0818 278 880 (Bp. Agus) atau (0274) 412446 (Office).

BAGIKAN:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *