5 Analisa Bisnis tentang Faktor Sebelum Membangun Bisnis

Analisa Bisnis – Membangun bisnis itu dapat dianalogikan seperti berlayar. Ketika kita berlayar, kita harus memperhitungkan kondisi angin. Jika angin bergerak menuju ke arah yang kita inginkan, maka itu akan mempermudah kapal kita untuk mencapai tujuan. Tetapi jika gerakan angin tidak sesuai dengan yang kita harapkan dengan kemampuan seorang pelaut yang baik sekalipun, maka kapal akan sulit sampai di tujuan. Dengan Analisa Bisnis sebelum membangun bisnis kita bisa menganalisis masalah keuangan bisnis, melakukan analisa swort, analisa komperitor juga peluang dan resiko.

Bisnis di sini kita anggap sebagai kapal, dan angin itu merupakan analisa bisnis dalam bidang kompetisi. Yang kita buat sebelum kita mengerakkan bisnis kita. Jika analisa kompetisi tersebut bagus dan sesuai dengan yang kita inginkan. Maka bisnis kita akan semakin mudah mencapai target yang kita inginkan. Tapi jika analisa kompetisi bisnis tersebut tidak bagus, tugas kitalah untuk mencari atau menjadi pebisnis yang dapat mengantarkan bisnis kita tetap sampai ke tujuan yang kita inginkan.

Baca juga: Cara Mengatasi Masalah Bisnis Dengan Bioenergi

Melalui Analisa Bisnis yang kita lakukan baik mengenai keuangan, modal, sumberdaya, kompetisi strategi, peluang dan resiko kita bisa mengetahui banyak hal. Dari Analisa bisnis kita juga bisa menemukan ide baru, dan banyak inovasi yang sebelumnya tidak kita pikirkan. Melalui analisa bisnis juga membuat pemilik usaha menjadi lebih terbuka terhadam strategi baru dan peluang baru serta memuluskan jalannya operasional bisnis.

5 Kekuatan Analisa Bisnis untuk menilai kompetisi bisnis

1. Ancaman kompetisi awal

Apakah produk tersebut dapat bersaing ketika mulai terjun ke pasaran? Apa yang kira-kira dapat membuat konsumen lebih memilih produk anda? Merek? Fitur lebih baik? Harga lebih murah?

2. Ancaman kompetisi pada supplier

Apakah ada banyak supplier yang dapat mensupport anda? Atau anda hanya benar-benar bergantung pada satu supplier saja?

3. Ancaman kompetisi pada konsumer

Apakah banyak konsumen  yang dapat langsung berhubungan dengan bisnis anda? Atau bisnis anda hanya tertuju pada beberapa target saja?

4. Ancaman kompetisi terhadap produk pengganti

Apakah banyak produk pengganti yang sejenis? Misalnya produk anda kemeja putih, ada banyak sekali produk pengganti yang sejenis seperti kemeja biru, garis-garis, dll. Jadi kompetisi variasi produk yang diperhitungkan di sini.

5. Ancaman kompetisi persaingan perusahaan sejenis

Apakah banyak perusahaan/bisnis yang menjual produk serupa? Apakah saingan anda bisnis besar atau hanya bisnis kecil?

Baca juga: Cara Mengatasi Masalah Dan Sukses Dengan Bioenergi

Dengan menggunakan lima kekuatan analisa bisnis di atas, kita dapat mengetahui kira-kira peluang keberhasilan bisnis kita. Tapi perlu disadari bahwa pada kenyataannya, hampir tidak mungkin menemukan faktor ancaman yang rendah untuk kelima faktor tersebut. Biasanya pasti ada ancaman kompetisi yang cukup tinggi minimal di salah satu faktor tersebut.

Oleh karena itu, menjadi tugas si pemilik bisnislah untuk menentukan strategi yang cocok. Strategi untuk mengatasi ancaman-ancaman tersebut dan tetap berusaha mengarahkan bisnisnya menuju arah yang ingin dituju. Walaupun angin kompetisi bergerak melawan jalur pergerakan bisnis anda.

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Omset Bisnis Dan Mendapat Keuntungan

Referensi Analisa Bisnis praktis

Dalam buku What I Didn’t Learn in Business School. How Strategy Works in the Real World by Jay B. Barney dan Trish Gorman Clifford. Mengutarakan jelas bahwa ilmu teori bisnis yang diajarkan di sekolah seringkali tidak relevan dengan kenyataan dan tidak dapat digunakan. Buku ini dikemas dalam bentuk novel bisnis, sehingga ringan dan mudah untuk dimengerti.

Jadi kita seperti membaca sebuah studi kasus, dan dapat belajar banyak tentang masalah dalam bisnis, Analisa Bisnis dan strategi. Termasuk  bagaimana menyikapinya, strategi yang harus digunakan, dan juga cara analisa bisnis yang tepat dan bermanfaat. Buku yang saya rasa bagus untuk orang yang baru ingin terjun di dunia bisnis.

Baca juga: Bioenergi Center Tempat Pelatihan Cara Sukses Berbisnis

Jadi setelah menilai faktor ancaman kompetisi bisnis anda, apakah anda akan menjadi orang yang kalah dan menyerah? Karena angin kompetisi tidak bergerak sesuai dengan yang anda inginkan dan membuat kapal bisnis anda tetap di tempat atau bahkan tenggelam. Atau anda akan menjadi seorang pebisnis yang hebat. Yang memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk dapat terus mengarahkan kapal bisnis anda ke tujuan. Walaupun angin kompetisi tidak memihak anda? Belajarlah melakukan Analisa bisnis sebelum membagun bisnis dan dapatkan strategi dan solusi bisnis dengan tepat. Dengan Analisa yang baik akan mengurangi faktor resiko, eksis dalam kompetisi, mudah menemukan ide dan melakukan inovasi.

By: Steven Junaidi