Menangis adalah Terapi Jiwa dan Ekspresi Hati

Menangis adalah Terapi – Aktifitas menangis biasanya identintik dengan tingkah anak-anak, maka terkadang orang yang suka menangis akan dijuluki dengan sebutan seorang yang cengeng. Namun hal itu tidaklah mutlak adanya. Menangis tidak selalu hanya dilakukan oleh anak-anak tapi orang dewasa bahkan orang tuapun bisa menangis. Dan itu bukan semata-mata karena mereka cengeng. Menangis adalah Terapi bagi jiwa yang juga bisa mengekspresikan kebahagiaan, kesedihan, kekecewaan ataupun sakit hati dan air mata pembersihnya.

Sudah menjadi pakaian hidup bahwa setiap kita akan mengalami berbagai peristiwa, terkadang membahagiakan dan di lain waktu bisa saja kebalikannya (dirundung sedih). Dan kesedihan itu sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya karena kecewa, gagal atau kehilangan dan banyak lagi yang lainnya. Kesedihan yang mendalam akan berpengaruh kepada kodisi kejiwaan kita biasanya disebut dengan istilah ‘depresi’. Jika hal ini terjadi maka imbasnya bisa kita rasakan seperti tidak bergairah, murung (bad mood). Dan dalam kondisi seperti ini menangis adalah terapi jiwa yang memberikan efek kelegaan dan meringankan baban hati.

Baca juga: Menggapai Ketenangan Jiwa Di Jalan Kebenaran

Selain kesedihan suasana hati yang bisa diekspresikan dengan menangis adalah perasaan bahagia. Bahagia yang leoleh berlebihan. Anda harus bih juga akan memudahkan seseorang mengeluarkan air mata. Artinya menangis adalah terapi bagi ungkapan emosi positif dan kebahagiaan. Namun Menangis sebagai ekspresi kesedihan tidak boleh berlebihan. Jika kondisinya masih dalam batas standar (sedih biasa), biasanya akan memancing air mata kita untuk keluar (menangis). tapi jika air matanya berlebihan akan membuat dada sesak dan mengganggu pernafasan.

Menangis adalah terapi untuk Mood dan Kesehatan

Jika ingin menangis, menangislah. Karena menangis bisa menurunkan level depresi dan mengangkat mood seseorang. Perasaan lega setelah menangis akan mendorong energi hidup dan kecerdasan kita menetralisir perasaan duka dan siap menerima hal baru. Menangis adalah terapi mood yang sangat efektif. Sementara air mata dari menangis karena emosi mengandung 24 % protein albumin yang berguna meregulasi sitem metabolisme tubuh. Air mata mengandung 25% protein dan satu bagian dari zat besi, terutama magnesium. Magnesium ini adalah materi racun dimana manusia bisa terbebas darinya saat ia menangis.

Baca juga: Terapi Penyembuhan Dengan Kecerdasan Bioenergi

Kajian menarik dilakukan oleh Dr. William Frey pada pusat penelitian mata dan air mata yang bermarkas di Sant Pholl Rams Medical Center menegaskan. Bahwa menangis sangat berguna bagi kesehatan jiwa dan emosi kita. Dr.Frey berkata, “Air mata dapat bekerja secara efektif membersihkan mata kita. Ia mengambil peranan penting dan signifikan dalam meringankan ketenangan jiwa yang mungkin disebabkan oleh komplikasi berbagai penyakit, seperti luka pada lambung, tekanan darah tinggi (hipertensi), dan radang usus besar.”

Nah, nggak ada yang salahkan dengan menangis (pada tempatnya), malah ada manfaatnya lagi. Jangan pula kita sok kuat dan ngga mau dibilang cengeng terus mati-matian berakting tegar dan tak mau menangis.. Menurut saya, ‘rugi mah itu, menyiksa diri sendiri’.Jadi kalau memang sedih pingin dan ingin menangis menangis sajalah karena menangis adalah terapi jiwa, mood dan kesehatan yang efektif dan alami.

Baca juga: 38 Manfaat Bioenergi Untuk Menyembuhkan Penyakit Secara Alami

Salam Sukses dan Sehat selalu