Bagaimana Cara Mengatasi Karir Yang Stagnan?

Bagaimana Cara Mengatasi Karir Yang Stagnan?

by Kamsi R
Cara Mengatasi Karir Yang Stagnan

Ingin Tahu Cara Mengatasi Karir Yang Stagnan?

Terjebak pada pekerjaan yang stagnan adalah hal yang wajar dan bisa saja terjadi pada siapapunapalagi jika  itu bukan pekerjaan yang kita sukai. Terjebak dengan mengerjakan hal-hal yang tidak lagi menggairahkan dan tidak membuat Anda bahagia, lalu apa yang harus Anda lakukan? Bagaimana cara mengatasi karir yang stagnan?

Jauh di lubuk hati Anda, Anda menginginkan dan merasa siap untuk perubahan dalam karier Anda. Anda tahu Anda memenuhi syarat untuk melakukan hal berikutnya, dan Anda termotivasi untuk mewujudkannya. Tapi, Anda sepertinya tidak tahu bagaimana memulainya.

Satu menit sejak Anda berpikir untuk berhenti, menit berikutnya Anda bertanya-tanya… Apakah Anda harus tetap diam dan melanjutkan karier Anda yang tetap stagnan?

Dan, inilah proses untuk keluar dari ketakutan dalam pekerjaan atau cara mengatasi karier yang stagnan yang bisa Anda praktekkan:

1. Temukan penyebabnya

Jika Anda ingin melepaskan diri dan ingin tidak merasa stagnan dalam karier Anda, maka langkah pertama adalah mencari akar penyebab permasalahannya.

Misalnya, apakah Anda merasa takut untuk mengubah industri karena takut gagal? Apakah Anda menunggu bos Anda memberi Anda promosi dan itu membuat Anda merasa stagnan?

Atau Anda merasakan tekanan untuk mendapatkan pekerjaan baru secepat mungkin dan itu membuat Anda merasa stagnan karena tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk mewujudkannya dengan cukup cepat?

Apakah Anda merasa kewalahan dengan semua nasihat tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya sehingga membuat Anda merasa stagnan dan tidak yakin?

Anda harus mau bertanya pada diri sendiri, mengapa Anda merasa stagnan dalam karier Anda sehingga Anda bisa mendapatkan kejelasan dan mampu mengatasi masalah sebenarnya yang membuat Anda merasa stagnan.

2. Putuskan Apa Yang Akan Anda Lakukan

Cara Mengatasi Karir Yang Stagnan

Setelah Anda memahami ketakutan, masalah, atau kekhawatiran yang masih ada, Anda harus memutuskan apa yang akan Anda lakukan.

Kejelasan berasal dari tindakan, bukan pikiran. Anda bisa menjelaskan masalah Anda pada bos, atasan, manager, HRD, kolega dan sebagainya atau pilih salah satu dari orang-orang tersebut, yang Anda merasa nyaman untuk bercerita.

Terlepas dari masalah yang menyebabkan Anda merasa buntu, setelah Anda menjelaskannya, Anda harus memutuskan strategi, solusi, atau tindakan yang akan Anda ambil untuk membantu Anda bergerak maju.

3. Percayai Prosesnya

Tindakan menghasilkan umpan balik. Umpan balik menghasilkan kejelasan. Kejelasan menghasilkan kepercayaan. Jadi, setelah Anda memutuskan untuk mengambil tindakan yang cerdas, Anda akan mendapatkan lebih banyak kejelasan. Dan saat Anda mendapatkan lebih banyak kejelasan maka Anda akan lebih percaya diri. Itulah proses yang harus Anda percayai.

Masukan dan saran atau kritik bisa sesederhana apa yang Anda rasakan setelah membuat keputusan. Atau melewati momentum yang terjadi setelah Anda mencoba solusi baru.

Ingatlah bahwa tidak ada yang terjadi dalam semalam. Anda harus percaya bahwa langkah kecil merupakan langkah-langkah untuk menyadari bahwa segala sesuatunya terjadi secara bertahap, lebih sering daripada terjadi dengan cepat.

Jadi, jika Anda bersedia mengambil langkah-langkah yang strategis untuk maju, Anda juga harus bersedia mempercayai proses yang perlu Anda lakukan untuk membuat kemajuan yang Anda inginkan.

Secara keseluruhan, melepaskan diri dari karier Anda bisa mulai dari diri Anda sendiri. Anda selalu bisa mengontrol karier Anda dan merupakan tanggung jawab Anda untuk mengubah arah karier Anda. Jika Anda buntu dan Anda merasa tidak bahagia dengan karier Anda saat ini.

Tapi pertama-tama, Anda harus mau mendeklarasikan, memutuskan lalu mempercayai prosesnya.

Jika Anda sudah mempraktekkan 3 cara tersebut namun Anda masih merasa bahwa karir Anda tetap stagnan. Sulit meningkat dan banyak halangan atau kendala, maka sebaiknya Anda terus melakukan perubahan. Anda bisa terus melakukan pengembangan diri dan mengoptimalisasi potensi diri Anda, baik dengan banyak membaca, mengikuti pelatihan skill sesuai minat dan bakat Anda atau pelatihan pengembangan diri lainnya.

_____________________

Langkah Anda selanjutnya…

Namun jika Anda ingin agar Anda secepatnya keluar dari stagnasi karir sehingga jabatan naik, penghasilan meningkat, karir lebih berkembang dan menjanjikan dengan cara yang cepat, praktis dan efektif, segera tingkatkan level energi Anda melalui sarana Kapsul Bioenergi.

Cara Mengatasi Karir Yang Stagnan

Related Articles

Leave a Comment