Inilah Masalah-Masalah Dalam Bisnis Yang Sering Terjadi Beserta Solusinya

Inilah Masalah-Masalah Dalam Bisnis Yang Sering Terjadi Beserta Solusinya

by Kamsi R
Masalah-Masalah Dalam Bisnis

Setiap usaha dan bisnis penuh dengan tantangan bahkan masalah. Tidak hanya pebisnis pemula pebisnis berpengalaman pun harus menghadapi tantangan. Meski seringkali sifat tantangan tersebut sangat berbeda dan tentu memunculkan masalah-masalah dalam bisnis yang berbeda pula.

Sebagian besar tantangan mencakup bagaimana membangun merek baru atau bertahan di pasar dan membuat bisnis menjadi bisnis yang menguntungkan secara signifikan. Tetapi bagi pebisnis baru, seringkali harus berhadapan dengan beberapa tantangan unik di awal bisnis mereka.

Seperti bagaimana mengatur pendanaan untuk memulai bisnis, memilih bisnis yang tepat, menjaga arus kas, serta berurusan dengan sejumlah besar pesaing. Berbagai masalah dalam bisnis lainnya yang tidak kalah menantang yaitu menemukan pelanggan, menyusun strategi pemasaran yang tepat dan menangani situasi anggaran yang terbatas agar bisa mencadangkan budget untuk pengembangan, dll.

Mari kita lihat tantangan bisnis kecil paling umum yang sering dihadapi pebisnis baru, selain mencari solusinya. Jika Anda seorang calon pebisnis, saran berikut akan membantu membuat perjalanan bisnis Anda sedikit lebih mudah.

1. Modal

Tantangannya: Anda ingin mengembangkan atau memulai usaha bisnis baru Anda, tetapi Anda menghadapi kesulitan modal untuk pemilik bisnis baru. Dan bagi pebisnis yang sudah eksispun seringkali mengalami permasalahan modal ketika ingin mengembangkan bisnisnya.

Solusinya: Meskipun ada berbagai cara untuk mendapatkan modal dan mengatur modal usaha kecil, mulai dari teman dan keluarga hingga pinjaman bank, banyak pengusaha berpengalaman percaya bahwa model pertumbuhan mandiri adalah yang terbaik dan tidak berisiko.

Daripada mencoba membangun rumah bisnis besar dalam semalam, bidik pelanggan utama Anda. Jika Anda dapat memberikan layanan bernilai tambah kepada mereka, dengan pemasaran dari mulut ke mulut, bisnis Anda akan berkembang secara otomatis.

Namun, jika Anda tetap perlu mengambil dana dari luar, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan konsultan bisnis yang tepat atau pengacara untuk menghindari masalah di masa mendatang.

2. Bisnis Yang Kurang Tepat

Tantangannya: Dua dari alasan terpenting dibalik kegagalan wirausahawan baru adalah ketidakmampuan memilih bisnis yang tepat dan melakukannya dengan cara yang tepat.

Solusinya: Pertama, untuk mencapai kesuksesan dalam usaha atau bisnis baru Anda, Anda harus memiliki produk atau layanan luar biasa yang menambah nilai bagi kehidupan pelanggan Anda. Kedua, Anda harus menjaga etika Anda. Karena itu, Anda harus memberikan apa yang telah Anda janjikan. Karena jika Anda gagal melakukannya, sekali lagi reputasi Anda akan menjadi buruk.

Bahkan bisnis Anda hampir tidak akan berkembang karena Anda gagal menarik pelanggan baru atau mempertahankan pelanggan yang ada. Ingat – lebih mudah untuk menarik pelanggan pertama kali, tetapi jauh lebih sulit untuk mempertahankan pelanggan lama.

3. Arus Kas Yang Masih Berantakan

Tantangannya: Bisnis kecil tidak dapat bertahan jika mereka tidak mengikuti pedoman arus kas yang baik dan ini mungkin salah satu masalah terbesar yang dihadapi pebisnis baru. Misalnya, Anda melakukan pekerjaan tepat waktu, menaikkan faktur dan dibayar setelah sebulan.

Sementara itu, Anda harus menanggung semua pengeluaran terkait bisnis seperti biaya infrastruktur, gaji karyawan, dan juga biaya pribadi Anda. Dan jika Anda tidak dibayar sama sekali, hanya ada beberapa keajaiban yang dapat membantu Anda.

Solusinya: Perencanaan dan penganggaran yang tepat sangat penting untuk menjaga arus kas. Salah satu cara untuk meningkatkan arus kas adalah meminta uang muka setiap kali Anda menerima pesanan. Dengan begitu, Anda akan dapat membayar pengeluaran Anda dan sambil menyisihkan sedikit keuntungan.

Cara lain untuk meningkatkan arus kas adalah meminta klien Anda untuk pembayaran faktur yang lebih cepat. Misalnya, daripada membayar 30 hari, Anda dapat meminta klien Anda untuk melunasi faktur setelah 15 hari. Dengan begitu, jika klien terlambat membayar, Anda masih punya waktu.

Cara ketiga agak tidak umum dan sepenuhnya tergantung pada hubungan Anda dengan vendor Anda sendiri. Jika Anda dapat mengatur agar vendor Anda setuju untuk menagih Anda setelah 45, 60 atau 90 hari, Anda akan memiliki cukup waktu untuk menerima pembayaran Anda dan kemudian menghapus faktur mereka.

4. Berhenti dari Karir Lain

Tantangannya: Sebagian besar wirausahawan baru meninggalkan pekerjaan reguler mereka dengan kegembiraan luar biasa karena menjadi mandiri.Tetapi dibutuhkan waktu dan diri Anda yang mau tanpa menerima pembayaran apapun.

Solusinya: Uang adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari untuk kehidupan. Jadi, keluarlah dari pekerjaan Anda saat ini ketika Anda memiliki setidaknya jumlah yang diperlukan untuk menjalani kehidupan standar sebagai bantalan finansial dan memiliki rencana bisnis yang kuat, atau ketika Anda mendapatkan jumlah standar dari usaha bisnis baru Anda.

5. Terlalu Banyak Pesaing

Tantangannya: Berurusan dengan terlalu banyak pesaing di bidang yang sama.

Solusinya: Hadirkan sesuatu yang trend baru di pasar dan yang membuat bisnis Anda berbeda dari pebisnis yang lain. Dari sinilah pelanggan akan berduyun-duyun ke bidang usaha yang menawarkan pengetahuan produk yang luas dan banyak koleksi produk yang mereka cari.

6. Mempekerjakan Karyawan Yang Tidak Sesuai

Tantangannya: Proses perekrutan bisa menjadi mimpi buruk bagi sebagian besar pengusaha baru. Setelah menyelesaikan semua langkah perekrutan seperti meninjau resume, mengikuti wawancara, dll, kadang-kadang, mereka akhirnya mempekerjakan orang yang tidak kompeten.

Solusinya: Buka bagian yang ‘diinginkan’ dari bagian pekerjaan di surat kabar. Anda akan dapat memilih beberapa kandidat sesuai dengan kebutuhan Anda. Selanjutnya, Anda dapat mengatur wawancara langsung dan menawarkan lingkungan kerja masa depan mereka dengan perusahaan Anda.

Ingatlah untuk memperjelas segalanya bagi kedua belah pihak karena akan sangat membantu untuk menciptakan hubungan kerja yang sehat dan mempekerjakan orang yang sesuai dengan lowongan, dengan memperhatikan keterampilan dan sikap mereka.

7. Menemukan Pelanggan

Tantangannya: Menemukan calon pelanggan yang potensial. Ini mungkin tidak mudah, namun dengan memperluas jaringan pemasaran Anda, maka Anda dapat menambah peluang untuk mendapatkan pelanggan baru.

Solusi: Jika produk/layanan Anda menambah nilai bagi kehidupan orang-orang dalam jangkauan pasar Anda, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk beriklan pada tahap awal.

Jika Anda memiliki produk/layanan yang hebat, orang akan secara otomatis mendatangi Anda. Ingatlah untuk tetap bersabar dan hanya mendekati orang-orang yang menunjukkan minat pada produk atau layanan Anda.

8. Manajemen Waktu

Tantangannya: Manajemen waktu mungkin merupakan masalah terbesar, terutama bagi wirausahawan baru. Dalam bisnis Anda sendiri, Anda harus mengurus semuanya tidak seperti pekerjaan biasa di mana Anda hanya perlu menangani tugas-tugas tertentu.

Solusinya: Anda harus meningkatkan keterampilan manajemen waktu Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda.

  • Buat daftar tujuan: Buatlah daftar tujuan seumur hidup dan bagi menjadi tujuan tahunan, bulanan, mingguan dan harian. Dengan begitu, tujuan harian Anda akan ada di depan Anda dan Anda hanya harus berada di jalur yang benar.
  • Delegasikan pekerjaan yang tidak membutuhkan keterlibatan pribadi Anda.
  • Cukup hilangkan tugas yang tidak perlu.
  • Nilai diri Anda secara teratur.

9. Menemukan Mitra Bisnis

Tantangannya: Menemukan mitra bisnis yang andal adalah salah satu pekerjaan paling penting yang harus dilakukan oleh pengusaha baru. Mitra bisnis yang salah akan memberi Anda reputasi negatif dan karena reputasi Anda akan dikaitkan dengan mitra Anda, Anda akan mempertaruhkan keberhasilan usaha Anda.

Solusinya: Sulit untuk menilai mitra usaha/bisnis Anda pada pertemuan pertama, tetapi jika dia memiliki niat yang salah dan melakukan kecurangan, pasti akan terungkap secara bertahap. Satu-satunya jalan keluar adalah segera membubarkan hubungan dengan mitra Anda.

Berbagai tantangan dan solusi yang disarankan bisa Anda praktekkan dalam bisnis Anda, sesuai dengan kebutuhan atau masalah-masalah dalam bisnis yang Anda alami sebagai langkah awal agar berbagai masalah dalam bisnis cepat teratasi.

Baca juga: 7 Cara Menghindari Masalah Bisnis dan mengubahnya menjadi menguntungkan

Langkah Anda selanjutnya…

Jika berbagai solusi yang di sarankan sudah Anda praktekkan,dan sebagian besar tantangan juga sudah bisa Anda taklukkan dan lewati, namun bisnis Anda tetap saja jalan ditempat, sulit berkembang, bahkan masalah-masalah dalam bisnis yang lain bermunculan, segera lakukan cara praktis dan efektif dengan meningkatkan level energi Anda melalui sarana Kapsul Bioenergi.

Berbagai manfaat Kapsul Bioenergi untuk Anda, silahkan klik>> Kapsul Bioenergi Solusiku.

Masalah-Masalah Dalam Bisnis

Related Articles

Leave a Comment