4 Masalah Dalam Bisnis yang Umumnya Terjadi dan Bagaimana Solusinya

4 Masalah Dalam Bisnis yang Umumnya Terjadi dan Bagaimana Solusinya

by Kamsi R
Masalah Dalam Bisnis

Mungkin Anda pernah memiliki ide bagus untuk sebuah bisnis, keluarga dan teman Anda mendukung dan Anda memutuskan untuk mengambil risiko dengan mewujudkan bisnis tersebut. Hari-hari awal di luar dunia Anda terasa mengasyikkan, Anda menarik pelanggan dan laba Anda mulai bertambah banyak. Tapi kemudian, masalah dalam bisnis mulai muncul dan menjalar entah dari mana.

Anda mulai mendapati diri Anda kurang tidur dan menjadi lebih stress. Kemudian Anda mulai menyadari bahwa menjadi seorang pengusaha bukan untuk menyerah dan melemah.

Ketahuilah bahwa Anda tidak sendiri; setiap masalah yang Anda hadapi saat ini telah dihadapi oleh pemilik bisnis yang datang sebelum Anda.

Berikut adalah masalah dalam bisnis yang paling umum terjadi & bagaimana solusinya: 

1. Anda terus-terusan mempekerjakan orang yang salah

Ini adalah masalah besar dan bisa dibilang salah satu masalah paling fatal yang dihadapi oleh para pebisnis. Anda mengeluarkan perasaan lega ketika lowongan pekerjaan perekrutan karyawan baru Anda diterbitkan, memanfaatkan jaringan pribadi Anda untuk mencari referensi orang-orang baru untuk menjadi karyawan Anda.

Melakukan banyak wawancara, tetapi beberapa bulan setelah masa jabatan karyawan baru, Anda tersadar… mereka adalah orang yang paling tidak kompeten untuk pekerjaan itu.

Solusinya: Pikirkan kembali strategi perekrutan Anda

Ini bukan solusi atau perbaikan cepat yang dapat digunakan. Faktanya, dibutuhkan waktu bertahun-tahun dan beberapa kali pengulangan untuk mendapatkan bagian akuisisi bakat yang benar dalam menjalankan bisnis.

Mulailah dengan mengganti strategi perekrutan Anda saat ini. Hubungi konsultan perekrutan untuk membantu Anda merekrut orang-orang terbaik menjadi karyawan Anda. Buat komite perekrutan internal untuk bertukar pikiran dengan konsultan Anda secara teratur tentang hal-hal yang telah berhasil di masa lalu dan hal-hal yang gagal.

Kemudian, mulailah secara perlahan untuk menetapkan nilai-nilai baru bagi perusahaan Anda. Jika Anda belum menetapkan nilai-nilai baru untuk perusahaan Anda, mulailah dari sana. Pekerjakan karyawan Anda sesuai dengan nilai-nilai yang Anda anut dan ingatlah bahwa Anda dapat melatih orang baru untuk sebagian besar tugas-tugas tertentu, tetapi sikap dan watak melekat. Percayalah pada nyali Anda, cepat atau lambat Anda akan segera menemukan tenaga kerja atau karyawan yang lebih baik.

2. Komunikasi yang tidak lancar

Anda memiliki 100 karyawan dan beberapa ribu pelanggan. Bagaimana Anda melacak siapa yang mengirim email kepada pelanggan mana dan seberapa sering? Ketika seorang karyawan mendapat pesan, dapatkah dia memberikan pesan tersebut kepada karyawan lain?

Jika ya, apakah ada cara untuk melacaknya? Karena seringkali sumber masalah bermula dari komunikasi yang tersendat-sendat dan tidak lancar.

Saat Anda harus dihadapkan pada pekerjaan team, dimana satu pekerjaan, di tunggu oleh anggota team lainnya untuk meneruskan pekerjaannya, dan seterusnya… maka komunikasi untuk satu visi yang sama sangat penting.

Untuk mengatasi hal ini, banyak wirausaha akan memanfaatkan media sosial atau cara lain yang sebagian besar membantu mereka berinteraksi dengan lancar satu sama lain.

Solusinya: Temukan cara berkomunikasi yang efektif

Bukankah lebih baik jika ada solusi yang mencakup semua untuk membantu melacak semua komunikasi dengan pelanggan dan karyawan Anda? Tempat di mana Anda dapat pergi tidak hanya untuk menjangkau dan menindaklanjuti, tetapi mengelola, melakukan survei dan melacak semuanya?

Sistem komunikasi setiap perusahaan tentunya berbeda-beda, cari dan temukan komunikasi yang efektif untuk perusahaan Anda.

Bisa juga dalam satu team kerja di buatkan satu grup komunikasi, bisa grup telegram, grup Whatsapp atau grup lainnya. Semua itu bertujuan untuk melancarkan komunikasi agar pekerjaan berjalan lancar, koordinasi berjalan dan sistem kontrol terjaga.

3. Anda menerima ulasan pelanggan yang negatif

Masalah Dalam Bisnis

Anda bangun pada suatu pagi dan tiba-tiba Anda mendapatkan ulasan pelanggan yang sangat buruk sehingga membuat Anda menjadi stress dan ini merupakan masalah yang cukup sering dihadapi para pebisnis

Solusinya: Libatkan dengan hormat pelanggan dan Customer Service

Pertama, bernapaslah dengan tenang. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan semuanya. Salah satunya adalah menanggapi dengan kebaikan. Minta maaf, bertanggung jawab, dan tawarkan pengembalian dana secara terbuka atau untuk membantu orang tersebut secara offline. Calon pelanggan dapat membaca tanggapan untuk ulasan negatif lebih sering daripada ulasan itu sendiri, jadi luangkan waktu untuk membiarkan emosi Anda mereda dan terlibat dengan belas kasih. Libatkan pelanggan Anda, atau customer Service dalam media sharing sehingga Anda dapat memahami fakta yang terjadi sehingga lebih bijak dalam mengambil tindakan lebih lanjut.

4. Layanan pelanggan Anda membutuhkan perubahan

Mengetahui kebutuhan pelanggan Anda, adalah sebuah strategi layanan pelanggan yang diperbarui sebagai solusi untuk mengatasi masalah Anda. Dengan memperbarui layanan Anda maka akan semakin banyak pelanggan berdatangan dan pengahasilan Anda meningkat. Karena jika pelanggan tidak senang, pegawai di garda depan (penjualan) cenderung tidak senang, dan jumlah  pendapatan Anda menurun.

Solusi: Integrasikan layanan pelanggan ke dalam semua yang Anda lakukan

Beberapa perusahaan ada yang berfokus pada layanan pelanggan di atas segalanya. Tanpa pelanggan, perusahaan ini tahu bahwa mereka akan menutup diri dengan cepat. Cobalah untuk mendesain ulang produk Anda yang sesuai dengan misi dan nilai Anda menggunakan konsep yang sama.

Semakin banyak Anda memikirkan pelanggan — semakin Anda menjadikannya sebagai misi untuk membuat setiap pelanggan bahagia — dan semakin baik pengahasilan Anda dalam jangka waktu yang panjang.

Dari ke-empat poin masalah yang umum terjadi dalam bisnis, sebagaimana di jelaskan diatas, dapat di tarik benang merah bahwa masalah bisnis lebih di akibatkan oleh kemampuan pengusaha dalam mengelola bisnisnya. Strategi yang di gunakan, bagaimana memanfaatkan sumberdaya serta mengelola potensi yang ada, menjadi kunci agar bisnis berjalan lancar dan mendatangkan keuntungan.

Dalam hal ini seorang pelaku usaha atau bisnis, baik pengusaha itu sendiri atau pengelola usaha harus mampu menghandle setiap masalah dan memiliki kualitas energi yang tinggi agar bisa mengatasi berbagai masalah bisnis yang tercadi dengan baik.

Langkah Anda Selanjutnya…

Jika Anda pengusaha atau pebisnis atau pengelola bisnis yang ingin dapat mengatasi masalah dalam bisnis dengan cara-cara yang berbeda, dengan pendekatan yang berbeda dan mendapat solusi bisnis yang cepat dan efektif, maka tingkatkan level energi Anda melalui sarana Kapsul Bioenergi.

Berbagai manfaat Kapsul Bioenergi untuk Anda silahkan klik>> Kapsul Bioenergi Solusiku.

Masalah Dalam Bisnis

Related Articles

Leave a Comment