10 Tips Mengatasi Krisis dalam Bisnis Anda dan Fokus pada Pemulihannya

10 Tips Mengatasi Krisis dalam Bisnis Anda dan Fokus pada Pemulihannya

by Kamsi R
Mengatasi Krisis Dalam Bisnis - bioenergi.co.id

Menghadapi masa-masa yang penuh dengan ketidakpastian memang tidak selalu mudah, termasuk dalam menghadapi masa krisis dan bagaimana mengatasi krisis dalam bisnis Anda.

Cara-cara yang Anda pilih dalam merespons kesulitan pada masa-masa krisis akan membentuk dan menentukan masa depan bisnis Anda.

Untuk menentukan cara-cara yang tepat Anda bisa belajar dari para ahli tentang cara-cara mereka untuk berfokus pada pemulihan dan mengatasi krisis dalam bisnis mereka.

Di bawah ini, mereka membahas alat dan pola pikir yang perlu Anda pahami untuk menjadi tangguh dalam menghadapi masa-masa krisis dalam bisnis mereka yang meliputi:

1. Negosiasikan Segalanya

Setiap orang lebih terbuka dan mau menegosiasikan syarat dan biaya selama masa krisis. Bernegosiasilah dengan siapa pun yang mau mendengarkan. Termasuk pemilik perusahaan Anda, perusahaan utilitas Anda, vendor Anda, dan siapa pun yang menjadi “beban.”

Dengan menerapkan pengeluaran yang ketat dan terkontrol, tahun yang paling sulit secara finansial menjadi sedikit lebih mudah dikelola.

2. Temukan kembali Diri Anda

Kami telah diberi hadiah waktu. Ini adalah era “gangguan”. Gangguan membutuhkan inovasi. Inovasi membutuhkan kreativitas. Kreativitas membutuhkan waktu untuk berpikir. Tahun ini akan menjadi kelahiran inovasi luas – dari mikro ke makro. Apa yang akan Anda lakukan untuk menemukan kembali diri Anda?

Dengan menemukan kembali diri Anda dalam kesadaran penuh, maka Anda bisa melewati masa krisis dan membuat perubahan baik melalui inovasi atau menjadi lebih kreatif dan kritis dalam berpikir dan bertindak.

3. Pertahankan Modal dan Tetap Relevan

Anda tidak perlu berhenti belanja sama sekali tetapi Anda harus mengevaluasi secara menyeluruh bagaimana Anda membelanjakan uang untuk perusahaan Anda. Tetap terhubung dengan bank Anda sehingga Anda tahu kapan program bantuan baru terbuka untuk Anda.

4. Investasikan di Masa Depan

Mengatasi Krisis Dalam Bisnis - bioenergi.co.id

Lihatlah pengeluaran dan tentukan mana yang tidak perlu, dan mana yang benar-benar merupakan investasi di masa depan. Alih-alih membuat keputusan tergesa-gesa, lebih baik pertimbangkan dampak pengeluaran jangka pendek dan jangka panjang.

5. Putar Model Bisnis Anda

Jika bisnis Anda sedang berjuang, saatnya untuk memutar model bisnis Anda untuk saat ini dan mulai merencanakan pemulihan dan mencoba mengantisipasi apa yang dibutuhkan pelanggan Anda nanti.

Lihatlah apa yang berhasil dan yang tidak, kemudian pikirkan bagaimana Anda bisa mempertahankan “yang baik” sambil mengubah yang “buruk” sehingga strategi Anda lebih selaras dengan apa yang dicari pelanggan Anda dalam kondisi normal yang baru.

6. Yakin Masa Krisis Pasti Akan Berlalu

Lakukan kerja keras dengan mengendalikan pengeluaran dengan ukuran yang tepat untuk arus kas. Tetapi jangan lupa untuk tetap yakin: bahwa masa krisis ini akan akan berlalu.

Akan ada masanya semua ini akan berlalu dan bisnis Anda akan kembali ke masa normal. Dan sekarang adalah waktu yang tepat untuk berinvestasi kembali dalam strategi kreatif, platform digital, dan proses yang akan mengambil keuntungan maksimal dari pengembalian permintaan untuk layanan dan produk yang akan datang.

7. Jaga Kekompakan Perusahaan Anda

Lihat situasi secara objektif dan cobalah untuk memilah rencana tindakan. Nilai keuangan Anda secara bijak dan realistis. Lakukan pengecekan dengan tim Anda. Brainstorm dan berkolaborasi.

Setelah Anda memiliki rencana yang solid, mulailah untuk mengeksekusi, tetapi jangan takut untuk mengunjungi kembali dan merevisinya. Dengan mengambilnya satu hari pada suatu waktu dan tetap fleksibel dengan berpikiran terbuka, bisnis Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mengatasi setiap krisis.

8. Fokus pada Kemenangan Jangka Pendek

Sebagai pemilik bisnis, mungkin Anda selalu tergoda untuk melihat terlalu jauh ke depan. Kapan permulihan ekonomi akan terjadi? Akan seperti apa ditahun-tahun yang akan datang? Sebaliknya, yang bisa Anda lakukan dan yang terbaik Anda lakukan untuk perusahaan Anda adalah melakukan yang terbaik versi Anda sekaran dan masa yang akan datang.

Cara terbaik untuk melewati segala kesulitan adalah terus berjalan, satu kemenangan kecil dalam satu waktu. Dengan berfokus pada tujuan jangka pendek maka kemenangan akan nyata di depan Anda, Anda dapat membuat momentum positif yang dapat membantu mengatasi segala hal negatif yang menghalangi Anda.

Mengatasi krisis membutuhkan langkah-langkah kecil dan tujuan jangka pendek. Hadir dalam kenyataan, sambil mencoba menghalangi godaan untuk melangkah terlalu jauh.

9. Dengarkan Tim Anda

Mengatasi Krisis Dalam Bisnis - bioenergi.co.id

Pertimbangkan untuk melakukan analisis SWOT mini untuk mempelajari apa yang berhasil dan apa yang tidak selama mereka bekerja jarak jauh selama masa krisis seperti dunia kita yang harus melewati COVID-19.

Dengarkanlah dengan saksama. Anda kemungkinan akan belajar cara untuk meningkatkan koneksi antar sesame manusia, proses dan rencana untuk masa depan. Kita mungkin akan melihat ini terdaftar sebagai “ancaman” bergerak maju, dan para pemimpin paling siap untuk perusahaan mereka.

10. Beroperasi semaksimal mungkin

Keadaan seperti ini berfungsi sebagai pengingat besar bahwa uang tunai adalah raja, dan pada akhirnya, yang paling penting adalah Anda memiliki cukup uang untuk menjaga bisnis Anda tetap hidup.

Masa-masa krisis akan mengajarkan Anda apa yang benar-benar dibutuhkan perusahaan Anda, dan apa yang bisa dilakukan tanpa itu, dan semakin lincah perusahaan dalam menentukan hal-hal itu, semakin baik keadaannya. Beroperasilah semaksimal mungkin, dan fokus pada peningkatan operasi internal.

Anda dapat mempraktekkan 10 tips diatas sebagai langkah awal Anda untuk mengatasi krisis dalam bisnis Anda sekaligus melakukan tindakan pemulihan.

Langkah Anda selanjutnya…

Di masa-masa sulit dalam bisnis Anda, kekuatan Anda sebagai pelaku bisnis atau pemilik bisnis harus senantiasa cerdas mensikapi krisis yang terjadi. Untuk itu kekuatan berpikir, bertindak, dan mengambil keptusan sangat penting dalam menyelamatkan bisnis dalam situasi sulit.

Dalam hal ini sikap tenang, pikiran jernih, kreatif, positif, optimis dan keberanian dalam melakukan gebrakan inovatif sangat penting. Anda membutuhkan kualitas energi yang tinggi sehingga Anda memiliki kekuatan untuk menghadapi tantangan dan masalah sulit di masa krisis bisa memulihkan keadaan, serta agar bisnis terus berjalan dan menguntungkan. Sebagai solusinya Anda bisa menggunakan sarana Kapsul Bioenergi.

Mengatasi Krisis Dalam Bisnis - bioenergi.co.id

Related Articles

Leave a Comment