Kerja Keras dan Menjaga Kepercayaan

Kerja Keras – Muhammad SAW dikenal sebagai wirausahawan sejati. Ia merintis usaha dari bawah dengan bermodalkan kepercayaan (trust). sehingga wajarlah ia mendapatkan julukan Al-Amiin. Tak hanya merintis usaha, tetapi juga sukses membangun kerajaan bisnis di Jazirah Arab waktu itu. Nyaris seluruh pelaku bisnis di Jazirah Arab mengenal, segan dan dalam pengaruhnya. Kerja Keras, jujur, dan berbagai sifat mulia beliau membuat belau digelari Al-Amin yang berarti yang dapat dipercaya.

Sesungguhnya kepercayaan yang diperoleh Muhammad SAW tidak timbul begitu saja, melainkan dibangun sejengkal demi sejangkal. Ibarat tanaman, kepercayaan harus dipupuk dan disiram setiap saat agar tumbuh dan berbuah manis. Beliau sadar betul, hanya kepercayaanlah yang membuat orang lain respek terhadapnya. Sebuah modal besar bagi visi jangka panjang.

Baca juga: Pasrah Kepada Tuhan, Cara Bioenergi Bekerja

Bagi masyrakat ketika itu, Muhammad SAW selain dikenal kenabiannya, Ia juga masyhur dikenal sebagai sebuah ‘brand’ yang memancarkan banyak arti. Seperti kejujuran, keuletan, kreativitas kerja keras dan visioner. Siapaun yang menjalin bisnis dengan beliau akan sangat menguntungkan. Tidak salah jika mitra bisnisnya berkembang kemana-mana, tidak hanya dari kalangan bangsa arab melainkan lintas etnis dan geografis.

Kerja Keras dan Strateginya  membuat ‘river company’

Salah satu mitra bsinisnya yang sangat terkenal adalah Siti Khadijah, seorang konglomerat kenamaan. Banyak kalangan menilai keberhasilan bermitra dengan Khadijah lebih bernuansa politis daripada bisnis. Namun bagi saya, keberhasilan ini adalah sebuah upaya yang sangat visoner dari seorang Muhammad. Membangun aliansi strategi (strategic alliace) agar bisnisnya dapat tumbuh dan berkembang menjadi sebuah ‘river company’ yang menyetahterakan banyak orang.

Baca juga: Keberanian Adalah Kunci Kesuksesan

Apa yang ditanamkan Nabi Muhammad SAW sejak awal sesungguhnya merupakan alat pembelajaran yang penting bagi para enterpreneur. Bill Gates, Andi Groove, Muchtar Riadi dan lainnya, semua berhasil karena kerja keras dan kepercayaan. bisnisnya berkembang bukan hanya buat dirinya, melainkan juga untuk kemaslahatan masyrakat.

Itulah gambarannya, bahwa semua apa yang diinginkan dapat dicapai asalkan ada kesungguhan dan kejujuran. Bahwa bisnis yang kita geluti niscaya juga akan sukses, jika kita mau menduplikasikan karakter Muhammad Saw, dalam berbisnis. Semoga ini menjadi motivasi kita untuk melakukan bisnis seperti Muhammad Saw; berkarakter dan beretika.
Modal Utama dalam Bisnis adalah kerja keras, kepercayaan…..kepercayaan dan kepercayaan……

Baca juga: Kunci Kesuksesan Hidup